Sabtu, 29 Mei 2010

Menarik Pengunjung dengan Kontekstual Marketing

Kontekstual marketing mengandung pengertian; menarik pengunjung dengan menampilkan iklan yang sesuai dengan isi konten website penayang iklan tersebut. Cara inilah yang dipakai Google Adsense didalam menarik para publisher (baca: penayang iklan). Iklan iklan yang ditayangkan google sesuai dengan isi konten website penayang.

Cara yang dipakai Google ini telah menjadikannya sebagai website yang sangat familier bagi penggunanya. Para pengguna tidak merasa keberatan manakala memilih link iklan yang sedang ditayangkan Google Adword. Mengapa? Hal ini lebih disebabkan oleh tampilan iklan tersebut yang amat sangat mirip dengan link-link atau sumber berita di artikel tersebut.

Pemikiran sepertihalnya Google ini ada baiknya dipakai didalam membuat iklan website kita. Apakah harus membayar? Bisa Ya, Bisa tidak. Sebutan iklan memang pada umumnya mengarah pada jasa pemasangan advertising. Namun dalam dunia internet marketing, banyak tersedia ruang-ruang gratisan yang bisa dipakai untuk memasang iklan gratisan kita.

Beberapa ruang yang bisa kita pakai untuk memasang iklan gratisan kita diantaranya:

1. Forum. Website berupa forum ini biasanya cukup ramai pengunjung. Tentusaja, karena ini adalah sebagai ruang ekspresi bagi mereka. Disini biasanya sebagai wadah untuk bertukar ide dan sharing informasi. Cobalah untuk menyajikan informasi yang cukup relefan dengan tema diskusi. Dengan demikian ketika anda mencoba untuk menyelipkan informasi tentang website kita, mereka tidak akan meng-kick kita.

2. Komentar di Blog. Pada umumnya blog terkenal menyediakan kolom komentar ini. Anda bisa memberikan komentar yang unik, lain daripada yang lainya, yang sesuai dengan isi konten. Harapannya pengunjung blog yang lain akan ikut tertarik untuk membaca komentar kita. Nah, disinipun anda bisa juga meninggalkan link yang mengarahkan pengunjung lain untuk menuju ke website anda.

Ada sebuah ungkapan yang sering kali diingatkan kepada kita sekalian bahwa kebanyakan pengunjung internet adalah orang-orang yang kritis. Mereka ingin focus pada apa yang memang betul-betul mereka cari. Sehingga kerelefanan iklan kita pada website penanyang betul-betul akan menentukan kesuksesan iklan kita.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar